Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Sunday 22 January 2017

MENGHITUNG THROUGHPUT DAN DELAY MENGGUNAKAN WIRESHARK

Share
pada kesempatan kali ini, penulis ingin mengshare sedikit pengetahuan penulis mengenai perhitungan throghput dan delay menggunakan wireshark, pertama-tama siapkan dahulu beberapa tool yang digunakan, yaitu :

  1. Wireshark x86/64bit
  2. Wireshark Developer version pid filter edition
  3. NCAP
  4. NMAP
  5. web browser
  6. koneksi internet
  7. dll
setelah semuanya siap, silahkan install semua aplikasi / tool yang di gunakan lalu jalankan web browser dan wireshark, start capture dengan pilihan interfaces yang terhubung ke internet.

pada menu filter tulis :

ip.process contains opera



pada kode ini, konten akan berisi filter dengan inisialisasi proses pada browser opera, dengan kata lain adalah apapun aktivitas pada browser opera akan di capture oleh wireshark. penggunaan filter dengan inisial proses id/ pid contains opera dimaksudkan untuk mengetahui informasi secara spesifik dan lengkap pada alamat yang dituju tanpa harus memetakan beberapa keyword dan ip ketika memfilter dikarenakan ketika proses wireshark berjalan terkadang dalam 1 website terdapat lebih dari 1 ip, dengan kata lain akan menyusahkan brainware.

setelah melakukan penge-tesan pada sebuah website, jangan lupa melakukan stop/ pemberhentian process capture pada wireshark, setelah process berhenti silahkan simpan / save wireshark tersebut dan beri nama file simpanan tersebut sesuai kehendak, setelah disimpan lakukan eksport ke csv.

setelah anda mendapatkan file csv tersebut, maka anda sudah dapat menghitung throghput dan delay pada data csv tersebut.



4 comments:

  1. kak bisa jelaskan secara rinci?

    ReplyDelete
  2. kak apa yang dimaksud dengan Wireshark Developer version pid filter edition, NCAP, NMAP?

    ReplyDelete