Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Saturday 11 June 2022

ETIKA DALAM BEKERJA

Share

well, kali ini saya akan bahas sedikit mengenai etika bekerja. yupp mereka memiliki 3 prinsip klo menurut saya dan beberapa case tentu saja. yaitu :

1. KERJA adalah aktivitas

2. PROFESI adalah aktivitas yang memiliki naungan berupa organisasi rata - rata

3. PROFESIONAL adalah mereka yang hanya fokus pada 1 Bidang.

nah dilansir dari sini saya stuck dengan pilihan mengenai profesionalistas kerja, dimana saya dibikin ambigu dengan pasar / market yang gede bener saya bukanya! gimana enggak, sebagai orang IT saya kudu bisa banyak hal, dituntut untuk bisa ini itu (serba bisa). nahh tahun 2022 ini saya pengen fokus diri pada pemantapan materi yang saya anut. but, im feeling confused with that!!! yeachh.. 

berikut aktivitas juga profesi yang saya kerjakan saat ini, sekaligus rate pasar tentu saja :

a. Teknisi Komputer : maintenance software, hardware secara lengkap dan bertahap.

b. Teknisi Laptop : yakk upgrade, downgrade, ganti sparepart, perbaiki laptop matot kadang-kadang

c. Teknisi Printer : enggak tiap hari dapet (enggak berani nerima karena pada banyak bener yang dikerjakan belakangan.

d. Opreker Gadget : semi service HP sih sebenernya wkwkw, ini sih yang saya senengin, bisa custom OS kayak android, MAC OS, Linux, Unix, windows Server juga

e. IT Consultant : jadi IT Consultant mah cuman ngomong doang, ini juga saya suka kok.

f. IT Trainer / Training / Brainware : Bikin Wadah dan Pelatihan mah apalagi, kadang bisa jadi massive income juga, seneng sih bisa sharing-sharing, ngasih tambahan ilmu gitu.

g. Marketing : yakk promotor ini kadang pondasi profesi yang sering enggak di anggap, padahal effortnya GEDE bener

h. Network Implement & Maintenance : ini ada usahanya juga minat dan bakat wkwkw

i. Pentest & Security Cyber : klo urusan tracing kabel mah udah biasa, noh ngerjain beberapa macem website dari client juga jualan online cert yang udah banyak clientnya buat diurusin

h. Deploy, Docker, Container apps : ntah ini di ranah mana klo menurut profesinya

j. dan banyak lagi sebenernya, termasuk teknisi CCTV, PABX dan yang lainnya yang enggak saya sebutin. 

dilema karena kudu bisa ngatur waktu? iya bener banget.. dengan profesi yang begitu banyak, emang sih duitnya banyak (enggak memungkiri) sehari jualan jasa kadang bisa dapet 2jt. tapi ya pikiran ini serasa enggak ada ketenangan gitu. 

0 comments:

Post a Comment