Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Wednesday 10 March 2021

mapan apa itu ?

Share

Mapan, Apa itu mapan? Mapan itu sejenis kayu.... (itu papan...) mapan  itu temennya minum (itu makan euuy,,,) ahahah sudahlahya...

Kalau kita search di kamus online, kita pasti bakal nemuin arti seperti ini

Mapan berati mantap (baik, tidak goyah, stabil) kedudukannya (kehidupannya)

Kalian tau tidak, kata “mapan” seperti sedang menjadi trending topik dikalangan kaula muda khususnya kaum ladies alias perempuan yang usianya sudah cukuplah ya buat nikah...  atau sudah cukup umur untuk membicarakan masalah pernikahan dan masa depan.  Why? Mereka memasukan kriteria mapan sebagai list yang harus dipenuhi sebelum mereka memutuskan “OK” untuk menikah.

Namun hal ini masih menjadi pro-kontra loh... why? Karena setiap orang punya persepsi tersendiri soal kemapanan.  Termasuk aku,....

Banyak orang mengartikan mapan itu berupa kekayaan materi, punya kerjaan tetap, punya rumah, punya kendaraan, punya deposito, punya ini, punya itu dan bla bla bla bla bla bla.....

Naah kalau si cowok udah kaya gitu baru pantes buat nikah.... dan pantes buat dijadiin suami hadeuuuh kasian amat jadi cowok...  (sabar ya wok,, #pukpuk)

Maka gak heran kalau menikah itu sejenis hal yg menakutkan buat cowok-cowok  yg  merasa belum mapan jika artinya seperti itu

Iseng-iseng aku nanya sama temen” sesama cewek,,, menurut lo mapan itu apa sih?

“mapan itu, punya kerjaan tetap”

“mapan itu, dia bisa memenuhi semua kebutuhan gue”

“mapan itu, dia udah punya kerjaan, rumah, kendaraan dan bisa nyenengin gue”

 “selama dia bisa nyari duit sendiri, menurut gue dia mapan”

Okelah ya kita bicara soal realita, hidup ini perlu duit, minum air ampe buang air aja bayar... dari mau lahir sampai mau meninggal juga kudu bayar.

Tapi aku punya arti mapan sendiri versi aku

Menurut aku,,,  mapan adalah ketika seseorang sudah mantap hatinya pada kita, dan berani untuk berkomitmen serta bertanggung jawab atas hidup kita.  Jadi Cowok sekaya apapun kalau dia gak berani untuk berkomitmen berarti dia belum mapan...  cowok sekaya apapun kalau masih lirk sana lirik sini berati dia belum mapan :P (sorry y cowok kaya)

Aku pernah diskusi sama  cowok tentang kemapanan , gara-gara kriteria mapan itu dia menilai cewek itu matre, ladieess.... (hadeeuuuh tepokpantat)

Lalu aku jelasin,,,

“jadi cewek emang kudu matre, biar cowoknya mikir dan mau bekerja keras untuk keluarga dan anak-anaknya kelak, emang kamu gak mau nanti anak-anak kamu hidup lebih layak dan lebih baik dari kamu? Sekolah di sekolah yang bagus,,, bla bla bla...

“iya itu emang bener, tapi knapa cewek  tuh harus liat gue dari materi aja, sekarang gue udah kerja tapi gue emang belum kaya. Tapi kenapa  dia ragu kalau gue bakalan memapankan dia , Cuma karena melihat gue yg sekarang.”

Dari situ aku berkesimpulan bahwa

Kalau cowok udah mantap hatinya sama kita, berani berkomitmen dan bertanggung jawab, gak usah disuruh cowok itu akan mapan dengan sendirinya,,,  jadi, meskipun dia belum punya materi yg berlimpah seperti kategoori sebelumnya kalau dia udah mantap sama kita, dia akan memapan keluarganya kelak. cowok Cuma perlu kepercayaan yg lebih dari pasangannya bahwa dia mampu untuk memapankan secara materi...ia  perlu keyakinan dan perlu dorongan... 

Pernah liat gak sih sebuah keluarga yang lebih mapan setelah mereka menikah? Naah... itu buktinya kalau menikah itu membuka banyak pintu rizqy...  jadi kalau ingin mapan materi ya menikahlah hahahha.... (sok heu euh gini gue,,,, :D )

Makanya, aku tidak mensyaratkan priaku harus kaya dulu untuk bisa menikahiku, karena aku mengingikan pria yang mau bersama-sama menjadi mapan lahir dan batin bersamaku. Mengutip perkataan seorang sahabat aku ingin menjadi wanita dibalik kesuksesan seorang pria. Dan aku ingin menjadi seperti itu, sukses bersamanya buka bersamanya setelah sukses.

Jadi, apa MAPAN menurut versi lo? :P  

nb: asumsi dari temen saya nih

0 comments:

Post a Comment